Perhatikan 4 Hal Saat Siapkan Dana Pendidikan Anak

Untuk menunjang pendidikan anak hingga tingkat sarjana, tentu membutuhkan dana yang cukup besar. Apalagi jika kamu ingin sang buah hati ditempatkan pada sekolah bereputasi tinggi. Tentunya hal ini akan membutuhkan dana pendidikan anak yang besar.

Tak heran jika banyak orangtua yang sudah berpikir untuk mempersiapkan dana pendidikan anak. Berbagai cara mereka lakukan untuk persiapan dana pendidikan anak, mulai dari menabung, berinvestasi, hingga memilih produk asuransi pendidikan.

Sayangnya, masih banyak orangtua yang salah mengambil langkah saat menabung untuk dana pendidikan anak. Seperti salah memilih produk investasi, tidak melakukan survei harga sekolah, dan masih banyak lagi.

Pada akhirnya, mereka tidak bisa mencapai tujuan financial untuk dana pendidikan anak. Jika kamu tidak ingin hal ini terjadi, ada 4 hal yang harus diperhatikan untuk persiapan dana pendidikan anak, di antaranya adalah sebagai berikut:

4 Hal Penting Untuk Persiapan Dana Pendidikan Anak

Berikut ini adalah 4 hal penting cara mempersiapkan dana pendidikan anak:

1. Survei Biaya Sekolah

Sebelum menabung kamu perlu menentukan sekolah yang diinginkan untuk bisa melakukan riset biaya sekolah tersebut. Hal ini bertujuan agar kamu bisa menghitung perkiraan harga sekolah yang diinginkan dan berapa dana pendidikan yang harus kamu siapkan.

Selanjutnya, kamu bisa menghitung biaya sekolah anak tersebut dengan kenaikan 10-15 persen setiap tahunnya. Untuk mempermudah, kamu bisa menghitungnya dengan berbagai kalkulator finansial online gratis untuk menghitung besaran biaya pendidikan anak tersebut. 

Jika tidak meriset biaya sekolah anak di awal, mungkin saja dana pendidikan yang telah kamu siapkan tidak sesuai dengan kenaikan biaya pendidikan setiap tahunnya. Sehingga, kamu akan kecewa saat mengetahui dana perkiraanmu tidak sesuai dengan yang seharusnya.

2. Buat Perencanaan Keuangan

Perencanaan keuangan sangat penting dalam mempersiapkan dana pendidikan anak. Untuk mempersiapkannya, kamu harus menghitung berapa pendapatan dan pengeluaranmu setiap bulan. Dengan demikian, kamu dapat menyesuaikan berapa uang yang harus disisihkan untuk persiapan dana pendidikan anak.

Selanjutnya, kamu mulai menghitung jangka waktu menabung yang dibutuhkan untuk mempersiapkan dana pendidikan anak tersebut. Pastikan perencanaan keuanganmu sesuai dengan kondisi finansialmu saat ini. Selain itu, jangan lupa juga siapkan dana darurat untuk menghindari hal-hal yang mungkin terjadi di masa depan.

3. Pilih Tabungan yang Tepat

Ada banyak jenis tabungan yang bisa kamu pilih untuk mempersiapkan dana pendidikan anak. Mulai dari tabungan konvensional, tabungan emas, deposito, dan masih banyak lagi. Kamu bisa memilih jenis tabungan sesuai dengan tujuanmu.

Sebelum memilih untuk menabug atau berinvestasi, pastikan kamu mengetahui keuntungan atau profitnya, hingga resikonya. Selain itu, kau juga harus menghitung berapa lama jangka waktu menabung yang diperlukan. Dengan begitu kamu bisa mencapai tujuan keuangan dengan tepat.

4. Buat Proteksi Asuransi Pendidikan

Saat ini, asuransi pendidikan menjadi alternatif yang tepat untuk mempersiapkan dana pendidikan anak. Pasalnya, lembaga asuransi pendidikan menawarkan banyak keuntungan yang tak bisa kamu dapatkan dengan berinvestasi maupun menabung.

Jika terjadi resiko pada orangtua, maka anak akan tetap mendapatkan dana pendidikan sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati tanpa membayar premi lagi. Pilihlah produk asuransi pendidikan yang menguntungkan dan terpercaya, seperti halnya Asuransi Beasiswa Ciputra yang ditawarkan Ciputra Life.

Apa Itu Asuransi Beasiswa Ciputra?

Asuransi Beasiswa Ciputra, merupakan salah satu produk unggulan dari Ciputra Life untuk menjawab kebutuhan keluarga Indonesia akan pentingnya mempersiapkan dana pendidikan anak.

Asuransi ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menunjang kebutuhan pendidikan anak. Cukup 5 tahun bayar premi, dana pendidikan akan cair sebanyak 5x pada waktu yang telah ditentukan:

  • Tahun Polis ke 1 – 5: Orang tua bayar premi.
  • Tahun Polis ke 6: Cair sebesar 10% dari total beasiswa yang dipilih.
  • Tahun Polis ke 9: Cair sebesar 15% dari total beasiswa yang dipilih.
  • Tahun Polis ke 12: Cair sebesar 20% dari total beasiswa yang dipilih.
  • Tahun Polis ke 15: Cair sebesar 25% dari total beasiswa yang dipilih.
  • Tahun Polis ke 18: Cair sebesar 30% dari total beasiswa yang dipilih.

Keuntungan Asuransi Beasiswa Ciputra

Tak hanya itu saja, ada banyak keuntungan dari asuransi beasiswa Ciputra yang bisa kamu dapatkan, di antaranya:

  • Kamu dapat memilih sendiri besaran beasiswa sekolah atau dana pendidikan yang dibutuhkan anak hingga perguruan tinggi.
  • Masa bayar premi yang cukup singkat, hanya 5 tahun saja dengan nilai premi tetap.
  • Waktu pencairan dana terencana dan dibagi dalam 5 tahap.
  • Jika tertanggung (orang tua yang membayar premi) terdiagnosa penyakit kritis tahap akhir seperti yang tertera dalam polis dan telah melewati masa tunggu, maka Ciputra Life akan membebaskan pembayaran premi hingga masa pembayaran premi berakhir.
  • Jika tertanggung (orang tua yang membayar premi) dalam masa pertanggungan dan sudah melewati masa tunggu mengalami resiko meninggal dunia karena sakit atau penyakit kritis, maka anak akan mendapatkan santunan duka sebesar 25% dari total nilai beasiswa sekolah yang dipilih di awal.
  • Apabila memilih pembayaran premi secara tahunan akan mendapatkan diskon premi.

Dengan menggunakan Asuransi Beasiswa Ciputra, kamu tak perlu menyisihkan anggaran untuk pendidikan anak dalam jangka waktu yang panjang. Cukup 5 tahun bayar premi, kamu sudah bisa mendapatkan jaminan dana pendidikan anak hingga perguruan tinggi.  Kunjungi website asuransibeasiswa.ciputralife.com untuk informasi selengkapnya tentang produk asuransi beasiswa Ciputra.

Leave a Reply

Your email address will not be published.